Gambar Dan Penjelasan Rumah Adat Bangka Belitung

Servergambar | Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi yang ada di kepulauan sumatera Indonesia. Statusnya Sebagai provinsi Bangka Belitung ternyata baru disahkan atau diresmikan pada tanggal 9 Febuar tahun 2001.

Keunikan dari provinsi ini selain tempat wisatanya yang sangat indah, Bangka belirung juga menjadi penghasil timah terbesar didunia.

Sama halnya seperti provnsi lainnya yang ada di Indonesia, Bangka Belitung juga memiliki rumah adat yang bernama Rumah rakit limas.

Jenis Jenis Rumah Adat Provinsi Bangka Belitung

Rumah adat bangka belitung
Rumah adat bangka belitung
Nama rumah rakit limas banyak yang merupakan rumah adat Bangka Belitung sudah banyak diketahui orang. Namun secara garis besar, ruah adat di Bangka Belitung terdiri dari 3 jenis yaitu Rumah rakit, Ruah limas dan Rumah panggung.

Ketiga rumah in memiliki arsitektur yang berbeda, namun diantara ketiganya memiliki persamaan karena banyak menggunakan arsitektur dan adat melayu pada bangunanya.

Jenis Rumah Rakit

Jenis rumah rakit
Jenis rumah rakit
Ruah adat rakit merupakan salah satu jenis rumah adat yang dimiliki oleh provinsi Bangka Belitung, sesua dengan namanya, rumah ini berada diatas perairan denga bentuk seperti rakit.

Seperti halnya rakit apung, rumah rakit ini dibuat dengan menggunakan bamboo sebagai bahan dasar utama dalam pembuatannya, bambu menyan dan bambu ini dibuat sebagai podasi atau pelampung rumah agar nantinya rumah tersebut tidak tengelam saat digunakan oleh pemiliknya.

Mengingat Bangka Belitung merupakan wilayah yang sebagian besar terbatasi oleh perairan baik itu sungai maupun danau dan lautan, maka masyarakat Bangka Belitung berinisiatif membuat rumah rakit ini yang berdiri diatas air sebagai tempat tinggal sekaligus tempat untuk bisnis terkait perekonomian.

Salah satu kelebihdan dari rumah jenis ini ialah kekokohannya yang mampu bertahan lama untuk ukuran sebuah rumah sebagai tempat tinggal. Meskipun berdiri diatas perairan serta terkena hujan dan panas, rumah ini memilikibentuk yang besar dan layak untuk digunakan sebagai tempat tinggal.

Jenis rumah limas

Jenis rumah limas
Jenis rumah limas
Rumah adat limas juga merupakan salah satu jenis dari rumah adat provinsi Bangka Belitung yang merupakan hasil atau bentuk dari adopsi gaya bangunan Rumah adat Sumatera Selatan.

Sebelum menjadi sebuah provinsi, Bangka Belitung telah menjadi bagian dari provinsi sumatera selatan, maka tidak heran jika banyak ditemukan persamaan antara rumah adat ini.

Sesuai dengan mananya yaitu “Rumah limas”, rumah adat jenis ini memiliki atap yang berbentuk seperti limas dan berbahan dasar tradisional.

Rumah adat ini memiliki arsitektur bangunan yang cenderung diadopri dari gaya eropa karena pengaruh dari masa colonial. Oleh karena itu, rumah limas memiliki tampilan yang cenderung terlihat modern.

Konon katanya, dulu rumah limas ini juga dibedakan berasarkan perbedaan status social. Namun system tersebut sudah tidak digunakan dimasa sekarang karena mengandung pro dan kontra. 

Jenis Rumah Panggung

Jenis rumah panggung
Jenis rumah panggung
Sama halnya seperti dua jenis rumah adat diatas, rumah adat panggung juga merupakan salah satu jenis rumah adat yang ada di Bangka Belitung.

Rumah adat Bangka jenis ini memiliki 9 tiang yang menjadi penopang rumah tersebut. Dalam hal tersebut, terdapat filsafah yang dianut mengenai jumlah tiang yang digunakan dalam pembuatan rumah adat jenis ini.

Hal tersebut mengikuti kebiasaan nenek moyang mereka yang biasa membangun rumah dengan tiang yang terdiri dari 9 tiang sebagai penopang rumah.

Sedangkan dinding rumah ini menggunakan pelepah kayu, namun tifak jarang dijumpai rumah panggung yang dindingnya terbuat dari bambu.

Bagian Bagian Rumah Adat Bangka Belitung

Gambar rumah adat bangka belitung
Gambar rumah adat bangka belitung
Sama halnya seperti rumah adat lainnya, rumah adat dari bangka belitung juga memiliki tiga bagian ruangan yaitu ruangan utama, ruangan tengah, dan ruangan dapur.

Bagian ruang utama

Bagian utama rumah adat bangka belitung memiliki konsep ruangan yang terbuka sehingga akn terlihat lebih luas karena tidak terdapat skat yang dapat embagi ruangan tersebut.

Bagian ruangan ini biasanya dimanfaatkan sebagai ruangan keluarga yang umumnya digunakan sebagai acara kumpul keluarga seperti santai-santai maupun pengajian.

Bagian ruang tengah 

Ruangan ini merupakan ruangan yang cenderung membagi antara kedua ruangn yaitu ruang utama dan dapur. penghuni rumah adat tersebut biasanya memafaat ruangan tersebut sebagai penetral aktifitas ruang utama dan ruangan dapur.

Bagian ruang dapur

Sama seperti kebanyakan rumah modern dizaman sekarang, ruangan dapur rumah tersebut juga berada dibagian paling belakang dan biasanya menjadi ruang aktifitas para wanita seperti ibu rumah tangga dan gadis yang mereka punya.

Demikianlah ulasan terkait rumah adat bangka belitung. Semoga artikel ini dapat membatumu mengenal lebih dekat dengan berbagai rumah adat diindonesia.
Lihat juga
Gambar rumah adat diIndonesia
Terimakasih dan semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar